Headline »

March 21, 2013 – 8:15 pm |

Buku “KOREA, A to Z” menggambarkan segala sesuatu yang ingin diketahui oleh orang Indonesia baik untuk sekedar menambah pengetahuan, pendamping memahami K-Drama, traveling, kuliah, bekerja  bahkan berimigrasi. Dilengkapi dengan foto-foto baik dari koleksi pribadi maupun …

Read the full story »
Relationship

Single, Husband and Wife, Friendship, Love

Personal Stuffs

Journal, Memoir, Traveling

Relationship

Single, Husband and Wife, Friendship, Love

Family

Parenting, Education, Career, Job

Spirituality

God’s Love, Biblical Figures, Spiritual Growth, Theology

Home » Relationship

Mencari Jodoh Lewat Internet

Submitted by on December 15, 2008 – 2:25 am134 Comments

Memang tidak mudah mencari pasangan hidup di zaman modern seperti sekarang dimana banyak orang cakep, pintar dan baik hati tinggal di rumah dan memilih bersosialisasi lewat dunia maya. Jika mereka keluar rumah pun biasanya kejebak macet atau lembur di kantor. Sayang sekali. Makanya tidak heran kalau banyak yang berat jodoh, belum ketemu cinta walau usia diambang senja.

“Bagaimana kalau mencoba cari jodoh lewat di internet?” usul saya pada seorang teman.

“Oh tidak Nancy! Itu cara yang tidak baik. Saya percaya Tuhan sudah menyediakan pasangan hidup yang tepat kok.”

Barangkali ini adalah ide yang buruk buat wanita bermartabat seperti teman saya itu. Dan saya pun harus tutup mulut sebelum dikira pendeta sekuler atau liberal.

Memang Tuhan suka bekerja dengan cara yang unik. Saya sendiri bertemu jodoh di Korea dengan satu-satunya laki-laki Indonesia yang saya kenal dekat saat itu. Kami tidak berpacaran lama sebelum memutuskan untuk menikah karena kami banyak persamaannya. Bukan hanya satu bangsa tapi juga satu kampung halaman. Satu iman dan satu visi. Diutus oleh gereja yang sama, satu kelas di Seminary, satu kelas di SMA, bahkan tinggal di satu lingkungan (tetangga) waktu kanak-kanak. Perbedaan mencolok kami hanyalah di postur tubuh karena ia jauh lebih tinggi dan jauh lebih berat.

Meski yakin ini adalah cara Tuhan mempertemukan kami tapi saya tidak percaya bahwa Tuhan selalu memakai cara ini untuk mempertemukan dua insan. Jadi buat yang belum bertemu jodoh padahal usianya sudah kepepet, inilah solusi yang saya pikirkan.

Pernah juga saya google biro-biro jodoh ini, sekedar iseng. Di antaranya ada biro jodoh Kristen yang teguh memegang prinsip Alkitabiah. Mereka hanya menerima anggota yang single dan tidak pernah bercerai. Jika demikian banyak orang Amerika yang single tidak masuk kategori ini karena angka perceraian di Amerika telah mencapai 50%. Demikian juga mereka yang berasal dari kalangan Kristen Protestant, dimana toleransi terhadap perceraian sangat tinggi.

Jadi ini bukan sesuatu yang main-main atau untuk coba-coba. Yang menjadi pertanyaan sebenarnya apakah bertemu jodoh lewat dunia maya ini menjamin kelanggengan pasangan suami istri? Karena tidak mudah mencari orang yang cocok tanpa masa perkenalan yang memadai. Apalagi kalau bicara pernikahan antar bangsa, antara dua pasangan yang sama sekali berbeda latar belakang, bahasa, budaya, kebiasaan, selera, tata cara dan nilai-nilai. Yang bisa menjawab ini tentu mereka yang sudah melewatinya, bukan saya.

Bicara soal etis atau nggak, punya iman atau tidak, kebelet, nggak punya ide, nggak laku, malu-maluin, sebenarya tergantung dari persepsi masing-masing. Memangnya di Surga ada internet connection sehingga Tuhan bisa memantau traffic biro jodoh online ini sambil sesekali campur tangan agar jangan ada yang salah pilih? Inipun jawabannya sama dengan yang mencari jodoh secara offline. Walau Tuhan adalah match maker agung, menyediakan yang terbaik buat kita tapi tetap saja manusia bisa memilih. Tapi jangan berpikir bahwa Tuhan terlalu kuno sehingga nggak ngerti technologi dan memakainya untuk mewujudkan rencana-rencanaNya.

134 Comments »

  • rhia says:

    hy aq rhia pengen nyari cow 30 thn untuk pendamping hidup yng baik hub. 085399680224

  • bagas says:

    Salam kenal semuanya,,,Ane 32 tahun cari temen cewe usia 28 sd 35 tahun gadis ato janda gak masalah yang penting nyambung dalam segala hal.
    Call or sms di No : 087825322252

  • Bagas says:

    Bagi cewek – cewek yang pengen kenal add ya..Usia 29 – 33 gadis / janda gak masalah.
    CP:02292811140

  • Indra says:

    Salam kenal semuanya,,,Ane 32 tahun cari temen cewe usia 28 sd 35 tahun gadis ato janda gak masalah yang penting nyambung dalam segala hal.
    Call or sms di No : 087825322252

  • putera says:

    met siang kawan2 smw perkenalkan nama saya putera umur 28tahun mencari seorang wanita yang mw nrima aq apa adanya dan mengerti aq tuk yang benar3x seriyus bisa hubungi aq di no 02197195032 terima kasih
    mikum.

  • hari says:

    aq hari cq 28tahun pengen cari jodoh yg benar2 seriyus hubungi aq k no 02197195032 makasi [khusus bwt cewek]

  • Nus/Stef says:

    aku stef umurku 20 tahun tinggalnya di surabaya aku pengen cari jodoh yang seiman dengan aku…Kristen…kalau ada yang berminat call no 081235867819 atau 085231353590
    ada yang berminat call cepat yeah….!!!!!!!!!
    Tuhan Yesus Memberkati.

  • Adie says:

    Aq cowk 25th pgen cri tmen aja bwt sms’n. . .
    Kalo cocok ya bs dlanjut. . .xixixi

  • sandi says:

    ass.
    prknlkn sy sandi umur 33th, qu muslim tinggal dbndung
    cari cwe yg srius buat istri syarat sholeh gadiz cantix trima apa adanya kalo bisa guru. hub. 087823367588 dtunggu

  • pegiputri says:

    hello,,pegi mencari teman laki-laki bule,yg serius,lucu,pintar humoris.klo dia jodoh sama ak ak siap ko jadi pendampingnya.email aja ke sini…!!

  • faiz says:

    sya cwo’ bila anda mnat hub d nmr nie 081939817598

  • faiz says:

    saya cwo’ hub no nie bl and mnat
    081939817598

  • Iin Ayonda says:

    sy janda 42 th dg 2 anak pekerjaan swasta. ingin berkenalan dg duda 44-52 tahun hub sy +6285640520955 atau sriindarti19@yahoo.co.id

  • anova says:

    sy cwo hub no ini bl anda minat, 081802218820

  • wisatasurau says:

    hii…aku sdg cari calon istri yg sholihah
    gadis atau janda tak masalah
    kalau bisa yg tinggal di yogya dskt.
    emailku aja ya: wisatasurau29@gmail.com

  • herlina :) says:

    hay….. q herlina umurq 19th,,
    mw nyrii tmen zmzn ajha….. hub n0q ych… 08983660007

  • Scor memerlukan rekan penulis untuk Book of Heaven? Book.
    Karena susah mendapatkan produsernya.

    Jika ada yang berminat?.
    Datang ke http://www.lapakscor.blogspot.com/ jah.
    Dengan intro topik ini : http://lapakscor.blogspot.com/2011/07/ngenai-book-of-heaven.html .

    Peace.

  • wahyudie says:

    ak cmn mw mncri shbat sms aja 08995663086, ak tunggu umrQ 21th disemarang?

  • nashrul says:

    aku duda blm punya anak usiaku 35th yg brminat hub no hpku 087726477499

  • saady says:

    aku saady berusia 35 thn
    aku kristiani
    mencari desy di cirebon untuk jadi teman hidup

  • saady says:

    aku mencari desi di cirebon jabar

  • saady says:

    aku mencari desi di cirebon jabar aku mencari kamu

  • Susan Okifia says:

    aku gadis berusia 25 tahun.
    islam,siap nikah,
    silahkan kirim email di edensor_1810@yahoo.com

  • ria says:

    sy wanita 29 th,islam,bekerja,mandiri,setia,panyayang setia n ceria mndambakan seorg pria muslim 31-35 th islam,single,bekerja,baik hati.untuk yg serius saja,sy tggu kiriman emailnya ke l_allea@yahoo.com trims

  • aen says:

    senyuman
    dengan senyum masalah akan teratasi, siapkah kita tersenyum,

    gw pria yang akan tersenyum dengan wanita terutama janda (087775731626)

  • Oki says:

    Mencari Pacar yang bisa menerima aku apa adanya,kalau ada add y di Fb aku ni okidoank17@yahoo.com. di tunggu y….. aku cowok kelahiran 11 oktober 1985.terima kasih

  • wendy says:

    sy seorg dokter yg tengah mencari jodoh

  • Eddy says:

    Aq Eddy (pria) mencari teman hidup.
    Serius n bersedia please CP:085244819337.
    Aq tunggu ya…

    Salam
    Eddy

  • Scor Wang. says:

    Ternyata dulu Scor telah mampir jah?.
    He he.

    Basing lah.
    Yayang juga ok.
    Tetapi kaya lho.
    Biar siap siap lari saja.
    Ok?.

    Persyaratannya masih persyaratan lama itu.
    Emang sich jika agamanya Kristiani lebih mudah permaknya (?).
    He he :) .

    Peace.

  • Scor Wang. says:

    Nama Saya, Scor ( Dunia maya ).
    Scor Wang.
    Tidak lagi mengutamakan mencari yayang.
    Tetapi uang.
    Mohon di maklumin.

    Oyah, Scor membawa puzzle juga untuk kalian.
    http://www.twitter.com/Scorwang :) . ?. (?).
    Tanda tanya besar, bukan?.

    Salam damai dan sejahtera all.
    Kik kuk.

  • andrew says:

    q duda tanpa anak 40 th,kristen,170 cm/60 kg,putih,ganteng,kota salatiga mencari wanita / janda yang mapan, agama tidak masalah yang penting bisa saling menerima apa adanya yang berminat hub/sms :024-40106290 / 088802516920 , q tunggu trimakasih GBU

  • andrew says:

    q duda tanpa anak 40 th salatiga mo cari wanita / janda mapan yang berminat hub /sms 024-40106290

  • Scor Wang. says:

    Scor sich tertarik juga nich.
    :) .

    http://justnewblogs.blogspot.com/2010/09/romantic-track-to-get-away.html .

    Di situ kriteria umumnya.
    Plus adalah lebih baik softwarenya Kristiani.

    Catatan : Suster alias biarawati Kristiani di larang ikut ikutan
    dalam project : Scor romantic track to get away.
    Khusus biarawati?.
    Tidak ada cerita main short cut short cut an.
    Percayalah dengan jalan hidup yang kalian ambil dan
    pilih itu.
    Yaitu biarawati.
    Ok?, :) .

  • bocah getas says:

    mampir nich…
    menarik sekali blog anda dan saya menyukainya..
    salam….

  • Regina tyas says:

    aku regina tyas janda 40 tahun, kristen, anak 1 menginkan kenalan sama dudu kristen umur 40-55 tahun yang ingin membangun rumah tangga kemnbali bersamaku. tapi harus sabar n penuh kasih sayang. Tuhan Menberkati. 0351-7867610.

  • Regina tyas says:

    aku regina tyas janda 40 thn, 1 anak, PNS, ingin kenal dengan duda yang umur 40-55 th. dpat hidup di daerahku madiun kalau bs yang da pensiun. atau yang sdh capek kerja jauh, mapan, punya jaminan hidup hari tua. penuh kasih sayang dan penegertian.

  • pegina tyas says:

    cari suami pengertian , mapan, kalau bisa sudah pensiun n bs belikan rumah. nanti aku yang cari uang. penuh kasih sayang

  • ita says:

    syallom……….

    Nama saya ita, belum menikah/single,umur 30 tahun, saya ingin mencari teman sejati/berkenalan dengan pria , usia 30-40 tahun untuk tahap yang lebih serius,humoris,paling utama takut akan Tuhan.

    serius hub.021-92522674

    Terima kasih

    GBU-JLU

  • ita says:

    syallom……….

    Nama saya ita, belum menikah/single,umur 30 tahun, saya ingin berkenalan dengan pria usia 30-40 tahun untuk tahap yang lebih serius,humoris,paling utama takut akan Tuhan.

    serius hub.021-92522674

    Terima kasih

    GBU-JLU

  • ita says:

    syallom……….

    Nama saya ita, belum menikah/single,umur 30 tahun, ingin berkenalan dengan pria umur 30 tahun – 42 tahun,humoris,paling utama takut akan Tuhan.

    serius hub.021-92522674

    Terima kasih

    GBU-JLU

  • prayudi says:

    haloo wina aku mencari pasangan mampir ke pecebuk ku

  • agustinus says:

    saya agustinus klahiran 1974 sy seorang katolik dari papua. propesi sbagai seorang guru smp.sy mncari permpaun yg baik seiman dan bnar2 mau diajak nikah di tahun ini, untuk berkenalan lbh lanjut sms sj ke no hp 082198234343 pasi akan sy balas .trmksh

  • angga says:

    saya Angga asal surabayausia 28th krj swasta,,

    cari wanita siap nikah asal surabaya,,.
    klo mang bner srius hubungi di nomor 081515254413

  • steve says:

    cari wanita asal semarang yang serius..hub saya di nmr 085740744525..thx

  • Melyanawati says:

    sayajanda anak satu umur 40 th, mendambahkan calon suami kristen yang benar2 menginginkan istri buat hidup bahagia. penyabar n penyayang, tanggung jwb dan setia. tidak bekerja tidak apa2 asal ada aset untuk hidup.punya keinginan yg kuat untuk membangun rt yg indah penuh kasih. hub aku di no 0351-7867610

  • tyas says:

    mencari duda penyayang n sabaaaar, ku janda 40 th, 1 anak, PNS, cari duda wiraswasta, mapan, tinggal di jatim.hub.085790730599

  • tyas says:

    mencari duda penyayang n sabaaaar

  • dewa says:

    hai aq dewa 28th aq ingn mncri kksh yg baik n trm aq apadany hub aq 087771779980

  • rian says:

    aku ingin cari cewek bisa terima apa ada nya..
    umur ku 20 tahun..

  • Sumuhar Adiputra hutabarat says:

    syalom smuanya. saya Sumuhar Adiputra Hutabarat,panggilan saya Adi asal medan, umur 25 jln 26 thn. saya sedang mencari wanita cristiani Medan batak toba yg bekerja sebagai guru atau Perawat di RS Pemerintah untuk d jlanin dengan serius. bagi ingin berkenalan terlebih dahulu hubungi ke 081362096229

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.